Jurus Memulai Usaha Bisnis Untuk Pemula

Bosan bekerja dikantor ? atau mungkin merasa jenuh dengan rutinitas harian ketika bekerja untuk orang lain ? Hal seperti itu bisa saja dirasakan setiap orang. Apalagi yang sudah lama bekerja dan karir yang tidak ada perkembangan. Seandainya harus berhenti bekerja, bingung akan mendapatkan penghasilan darimana.
Mengapa kini banyak orang mulai memilih membuka usaha sendiri? tentunya disebabkan berbagai faktor yang melatarbelakangi. Salah satu faktor, terjadinya inflasi dimana pendapatan tidak mengalami peningkatan sedang harga barang kebutuhan pokok mengalami kenaikan.

Berbagai usaha kecil-kecilan pun dapat dilakukan. Seperti misalnya dengan membuka jasa mengajar atau membuka tempat kursus, membuka salon dan aroma terapi, menerima jahitan, membuka butik, kantin, jasa katering atau aqiqah, membuat kue, sampai dengan membuat website dan blog. Namun sebelum memulai itu semua sebaiknya milikilah beberapa jurus seperti yang akan disampaikan dibawah ini.
Berikut tips yang harus diperhatikan ketika akan memulai usaha bagi para pemula:


  1. Miliki mimpi. Bermimpilah menjadi orang kaya, pengusaha sukses, bisa berliburan keluar negeri dan kemana saja, dan tak perlu memikirkan pekerjaan lagi karena uang sudah mengalir dengan sendirinya. Apakah akan jadi pengusaha perusahaan bisnis seperti retail, garment, dan sebagainya? Bayangkan secara jelas dan sedetail mungkin. Semua kesuksesan bersumber dari mimpi. Jadi, bermimpilah menjadi besar. Jangan takut berkhayal dan bermimipi.
  2. Obsesi dan bakat. Apa yang menjadi bakat anda ? Mengajar les, menulis, memasak atau menjahit? Nah, anda harus bisa menjalankannya dengan hati. Jadi, yang anda lakukan adalah memiliki jiwa, nyawa dan nilai. Semua yang dijalankan dengan hati, pasti akan lebih lancar dijalankan.
  3. Melihat realita. Setelah bermimpi kemudian terapkanlah usaha-usaha dalam dunia nyata. Mulailah dari yang anda punya, dan jangan menmbandingkan dengan milik orang lain. Jika mampu menulis cobalah untuk menulis blog sehingga karya anda bisa bermanfaat bagi orang lain yang membaca. Ketika traffic nya bagus, tulisan banyak dikunjungi orang, anda bisa menawarkan iklan atau mungkin menulis sebuah buku.
  4. Buat tahapan rencana. Mulailah membuat rencana bertahap. Buatlah kondisi dari nol dengan syarat, selalu melihat kedepan. Misalnya, tak punya uang tapi punya modal kemampuan. Jika punya uang 500 ribu dan pintar menjahit, apa yang dilakukan agar bisa menghasilkan lebih. Lakukan secara bertahap, perlahan dan sesuai kemampuan. Jika dilakukan dengan benar, lambat laun keuntungan akan mengikuti anda.
  5. Susun berbagai rencana. Ketika usaha mulai berjalan, jangan hanya memiliki satu rencana saja. Buat rencana berikutnya. Jika seandainya, setelah membuka jasa laundry sepi konsumen, mulai berfikir kreatif dengan rencana lanjutan. Tidak menunggu orang datang tapi kita yang bergerak. Tawarkan brosur ke rumah-rumah sekeliling bahkan lebih luas lagi dalam lingkup kecamatan misalnya. Tawarkan harga yang bersaing dan fasilitas layanan lebih lengkap dan bisa antar jemput. Begitu juga untuk langka-langkah selanjutnya.
  6. Buat anggaran. Jika usaha sudah berjalan, buat anggaran pemasukan dan pengeluaran dengan rapi. Pisahkan antara keuangan dari usaha dengan gaji diluar usaha tersebut. Sebaiknya, buat rekening bank sendiri untuk keuangan dari usaha tersebut jangan kedalam dompet agar tidak boros dan mudah melihat laba yang di dapat. Disini juga untuk menghindari anggaran yang tambal sulam, karena anda tidak akan bisa melihat laba yang diraih. Yang ada anda justru tidak tahu apakah usaha nya gagal atau sukses. Dengan membuat anggaran yang tepat, kesalahan yang muncul akan bisa dicari penyebabnya, dan dapat segera diperbaiki.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar