Langkah Awal Untuk Menjadi Blogger / Penulis

Berbicara mengenai langkah awal untuk menjadi penulis blog, sepertinya tidak perlu begitu banyak yang dipertimbangkan. Tetapi jangan salah Sobat, sepertinya memang sepele, namun jika kita tidak memperhitungkan beberapa point seperti yang hendak saya jabarkan dibawah ini, mungkin sobat tidak akan pernah menjadi penulis besar yang eksis didunia per blogger an atau malah mungkin berhenti ditengah jalan entah dengan berbagai sebab apa saja.
Nah.. apakah demikian dengan para planner blogger disini ?
Baiklah saya mengerti, karena saya belum menjelaskan dan berbagi mengenai pengalaman apa yang saya dapatkan.
Langsung saja ya.





  • Pertama, tentunya kita harus berdoa dan momohon diberikan keteguhan hati untuk memulai suatu tujuan.
  • Kedua, cobalah untuk menimbang. Sebagai komparasi kita bisa melihat penulis yang telah mendahului kita. maksud saya disini adalah para senior yang yang sudah begitu lama bergelut dan berkubang didunia blogger atau penulisan artikel seperti : Anneahira, Djoko Susilo atau mungkin seperti mas Khorul Azmee dan sebagainya. Yang mana mereka semua adalah penulis dengan topik yang berbeda. Anneahira menulis berbagai topik artikel. Pak Djoko Susilo berfokus pada artikel bisnis, motifasi,dan keuangan. Sedangkan mas Khoirul Azmee berbicara seputar dunia per blogger an. Nah, dari situ timbanglah mereka, jadikan mereka inspiratif kita dalam menulis dan menetukan thema tulisan.
  • Ketiga, berfokuslah pada thema tulisan yang sudah kita tetapkan. Kuasai inti tulisan kita. Belajarlah memahami dan mengembangkan apa yang sedang dibahas pada tulisan, sehingga walaupun dengan penjabaran tulisan namun tidak keluar daripada topik pembahasan artikel.
  • Keempat, yakini terhadap apa yang kita tulis adalah yang terbaik. Munculkan kepercayaan diri dan percayalah bahwa tulisa kita berharga dimata orang lain.
  • Kelima, menulislah secara natural dan menarik. Jangan copas. Karena itu hanya akan mematikan kreatifitas sang penulis. Menulislah untuk orang yang membaca, jangan pernah berfikir menulis untuk mesin pencari yang agar tulisan kita cepat teroptimasi. Tulisan yang natural dan menarik sungguh merupakan langkah seo terbaik.
  • Keenam, tampilkan tulisan yang fresh. Dalam artian yang masih sedang hangat-hangatnya dalam pembahasan umum. Bukan berita atau info jadul yang sudah usang dan ketinggalan zaman.

Demikian semoga tulisan ini bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar