Konsep Balajar Cermat Untuk Hasil Maksimal

Bagaimana kiat agar kita bisa berprestasi ? Meskipun pada dasarnya kita sebagai manusia diciptakan dengan akal dan pikiran, namun terkadang banyak yang tidak mampu menggunakannya dengan baik. Seperti berlatih menghafal sesuatu apapun sehingga mampu menyerap materi tersebut secara optimal. Ternyata banyak faktor yang menyebabkan kita tidak maksimal dalam menyerap atau mempelajari suatu materi dengan baik disebabkan berbagai faktor diantaranya, kondisi waktu, stamina, dan situasi yang kita hadapi seringkali menjadi kendala tidak mendapatkan hasil yang optimal dalam belajar. Studi yang dimaksud disini tidak melulu terkait dengan proses belajar dikelas atau kampus, tapi bisa juga ketika sedang mempelajari hal atau materi baru.

Berikut 7 trik jitu metode belajar sederhana untuk mendapatkan hasil yang maksimal :

1. Tanamkan Prinsip
Prinsip selalu melandasi orang-orang sukses. Karena prinsip bisa membuat seseorang konsisten dalam menggapai apa yang menjadi tujuannya. Tanamkanlah prinsip apasaja yang bisa menjadi motifasi dan membuat kita lebih konsisten dalam menguasai suatu materi pelajaran.

2. Menjadikan Permainan
Hal-hal menarik dan berunsur permainan selalu menyenangkan bagi siapa saja, dan bisa mengobati pikiran yang stres. Bagaimana jika itu dilakukan dalam menguasai pelajaran, tentu akan jadi sangat mengasikkan. Cobalah untuk membuat sedikit permainan seperti membatasi waktu dalam 10 menit kita mampu menghafal berapa paragraf, atau mentargetkan 1 halaman buku bisa dikuasai dalam berapa menit karena kita akan mengikuti lomba cerdas cermat misalnya.

3. Konsep Guru dalam menguasai materi
Pernahkah anda menjadi guru atau memahami cara belajar seorang guru? cara ini juga sangat menarik, Anda belajar secara singkat untuk satu topik materi setelah itu coba untuk berpresentasi seolah-olah sedang menjelaskan kepada murid. Ketika anda berpresentasi, anda dituntut untuk mendalami materi tersebut tentunya, nah disinilah menariknya. Konsep bijak juga mengatakan bahwa suatu ilmu yang 80% nya diserap oleh orang yang menyampaikan, sedang sisanya 20% untuk yang menerima atau yang diajarkan.

4. Bentuk Format
Supaya lebih mudah dan cepat dalam menguasai materi, buatlah konsep atau format. Pertama pahami betul bahasan dalam materi tersebut mengenai apa, setelahnya pelajari judul dan sub-sub judul untuk lebih mempertegas kesimpulan dari materi didalamnya. Barulah kita mempelajari uraian dari setiap sub-sub judul tadi.

5. Konsentrasi / Fokus
Ciptakanlah konsentrasi dalam belajar. Fokus itu perlu, trik-trik diatas pun tidak akan optimal jika tidak dibarengi dengan konsentrasi. Suasana yang tenang akan mudah untuk lebih fokus dalam belajar.

6. Istirahat yang cukup
Otak kita bukan mesin, jadi jangan memaksakan diri ketika tubuh dan pikiran kita lelah. Istirahat lah sejenak,  karena dengan beristirahat yang cukup pikiran kita bisa kembali fresh dan mudah dalam berkonsentrasi.

7. Review
Cobalah untuk mengulangi kembali terhadap apa yang sudah kita pelajari sebelumnya. Karena dengan sedikit mengulangi kembali pelajaran tadi akan memantapkan ingatan kedalam pikiran dan akan bertahan lebih lama daripada tidak pernah ada pengulangan.

Demikian trik belajar cermat yang bisa saya bagikan, semoga bermanfaat.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar